by

Festival Maulid Nabi Muhammad SAW

Cariu, Pondok Pesantren Ar-Risalah-Jum’at (8-9/11), Festival Maulid Nabi yang digelar Pondok Pesantren Ar-Risalah resmi dibuka oleh Kepala Pondok, Ust. Muiz Anas.
Dalam sambutannya, Kepala Pondok mengatakan, banyak sekali acara yang digelar dalam festival ini.

“Inti dari kegiatan Festival Maulid Akbar yang akan digelar pada tanggal 8 – 9 November 2019 ini adalah bentuk rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW”, tambahnya.

Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi Muhammad yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah, dirayakan dengan berbagai cara oleh umat Islam di Indonesia. Ragam perayaan itu umumnya berakar dari kebiasaan dan adat istiadat daerah setempat.

Yang umum adalah dengan menggelar pengajian di masjid-masjid, menggelar lomba yang berhubungan dengan Islam, seperti lomba baca Alquran, lomba azan, ceramah agama hingga lomba qasidah. Namun, sejumlah daerah memiliki perayaan yang unik dan berbeda dibandingkan daerah lainnya.

Festival Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pesantren Ar-Risalah digelar dengan berbagai kegiatan dari pembacaan Maulid Al-Barjanji sampai dengan berbagai perlombaan Santri seperti Fashion Show Berbusana Muslim, Musabaqoh Qira’atul Qutub, Muhadloroh, dan Penampilan Pentas Seni Santri.

Kegiatan pembacaan Maulid Al Barjanji dilaksanakan dimalam hari setelah kegiatan belajar malam santri selesai, pada kegiatan ini pimpin oleh salah satu pengasuh dan diikuti oleh seluruh santri lalu esok harinya di mulai kegiatan- kegiatan perlombaan yang dikoordinatori oleh setiap pengasuh asramanya masing-masing.

Semoga dengan acara kegiatan Festival Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan ini menjadi keberkahan dan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

News Feed