by

HARI KESAKTIAN PANCASILA

Oleh: Salsabiela lie izzah faridl (Santriwati Ar-Risalah)

Upacara peringatan “Hari Kesaktian Pancasila” tanggal 1 oktober 2019 berlangsung, dilaksanakan dengan penuh khidmat serta dengan ketenangan. Mengenang akan jasa-jasa para pahlawan bangsa indonesia pada 54 tahun silam yaitu peristiwa G30s PKI.

Pondok Pesantren Ar-Risalah melaksanakan upacara peringatan ini yang di pimpin oleh pembina upacara yaitu Mudir Ma’had/Direktur Pesantren. Dari adanya upacara ini, terdapat amanat yang berisi beberapa nilai-nilai moral yang dapat disimpulkan:

“54 tahun silam negara kita telah dikhianati oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) yang mengorbankan 7 jenderal yang dibunuh. Maka dari itu, jangan biarkan merah putih kita terinjak-injak oleh pengkhianat-pengkhianat bangsa”.

Buktikan bahwa perjuangan pahlawan-pahlawan indonesia dapat kita balas dengan selalu membela indonesia yakni dengan belajar untuk mempelajari suatu pembahasan tanah air. Jangan sampai ada radikalisme antara sistem pemerintahan dengan suatu pihak dinegara ini. Hilangkan hal-hal buruk di negara Indonesia karena itu dapat mengkhianati perjuangan yang selama ini mereka perjuangkan demi tanah air. Sehingga kita dapat merasakan kemakmuran serta kemerdekaan yang dapat kita nikmati saat ini.

Bersyukur adalah kunci kenikmatan yang diberikan Allah SWT. Dengan demikian, amanat yang disampaikan oleh Direktur Pondok Pesantren diharapkan dapat membangun kobaran semangat santri untuk tetap semangat dalam belajar demi tanah air tercinta yang tidak dapat terbayarkan dari suatu perkara.

–Selamat Hari Kesaktian Pancasila–

News Feed