by

Libur Semester Ganjil Pondok Pesantren Ar-Risalah

يوم العطلة  inilah bahasa populer yang di gunakan kalangan santri ar-risalah, dimana santri pada hari ini sangat berbahagia untuk merayakan liburan panjang, liburan bersama keluarga, dan beristirahat dikampung halamannya.

Sebelum liburan dilaksanakan para santri dimulai, ada beberapa rangkaian acara yang menjadi momen menegangkan. yaitu pengumuman peringkat kelas dan penerimaan hasil belajar. Bagaimana tidak, sebelum pelaksanaan liburan mereka telah berusaha keras menghadapi berbagai ujian, dari ujian pesantren, ujian sekolah, praktik ibadah, dan lain sebagainya.

   

   

Pada acara libur semester ini, pimpinan pesantren menyerahkan anak-anaknya kembali untuk di awasi dan dikontrol kegiatannya dirumah terutama ibadahnya. Selain itu, pihak pesantren menyediakan form pengontrolan ibadah harian agar mempermudah orangtua dalam mengontrol ibadah anaknya, dimana di form tersebut orangtua dan anaknya harus menandatangani setiap kegiatan yang dijalaninya. Bukan hanya itu, pihak pesantren juga menyediakan form hafalan santri yang menjadi syarat kembali ke pesantren dan akan di tes oleh pengasuhnya.

Pada acara tersebut juga, para wali kelas dan pengasuh pesantren membagikan hasil belajar peserta didik, sekaligus berdiskusi bersama orangtua wali santri mengenai anaknya selama di pesantren. Dengan harapan setelah adanya hasil belajar yang tertulis dan penjelasan dari pengasuh dan wali kelas, orangtua mengerti peningkatan belajarnya, kegiatan harian dan ibadahnya.

 

News Feed