by

Pancasila Sebagai Karakter Santri

Pondok Pesantren Ar-Risalah,- Peringatan hari kesaktian Pancasila (1/10/2019) tahun ini mengambil tema, “Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”. Seluruh Santri Pondok Pesantren Ar-Risalah beserta civitas akademika  melaksanakan kegiatan rutin setiap tahunnya yaitu memperingati hari kesaktian Pancasila.

Upacara dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB setelah kegiatan shalat duha bersama, pada kegiatan pelaksanaan upacara kali ini, Mudir Ma’had Ar-Risalah sebagai Pembina upacara menyampaikan sejarah perjuangan para pahlawan bangsa yang memperjuangkan NKRI dengan penuh semangat. Keutuhan NKRI pada saat itu diperjuangkan habis-habisan. Ujarnya “Kalian tidak tahu bagaimana saat itu, saya menyaksikan langsung kekejaman yang terjadi”. Demi mempertahankan pancasila mereka rela mengorbankan nyawanya, sebagaimana kita tahu peristiwa tragedi berdarah ini menewaskan enam jenderal pada 30 September 1965.

Pada kegiatan tersebut petugas mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda berduka, seluruh peserta juga tertib melaksanakan kegiatan dengan penuh khidmat, pembacaan teks pancasila, UUD 1945, disusul dengan lagu nasional Gugur Bunga oleh tim paduan suara dan penutup do’a oleh petugas.

Tema Peringatan Kesaktian Pancasila tahun ini sesuai dengan karakter Pesantren yang selalu setiap tahun melaksanakan kegiatan penguatan karakter Santri, berdasarkan pada Tri Budaya: Budaya Disiplin (membiasakan kedisiplinan dan tanggung jawab); Budaya Bersih (membiasakan hidup bersih dan mewujudkan kebersihan); dan Budaya Tertib (membiasakan tertib dan patuh terhadap peraturan).

Ujar Mudir Ma’had Ar-Risalah, “Tri Budaya yang ada di Pondok Pesantren ini, mencerminkan Pancasila sebagai jiwa Santri Ar-Risalah. Makanya karakter ini harus melekat kuat dan sebagai pondasi utama karakter Santri Ar-Risalah”.

“Indonesia saat ini sedang kacau, kemarin kita lihat banyak sekali korban berjatuhan pada aksi demonstrasi. Selain itu negeri kita ini sedang diteror oleh isu-isu Hoax yang menyebar di dunia maya yang mengakibatkan perpecahan saudara”. Ujarnya

Semoga dengan adanya Peringatan Hari Pancasila ini, seluruh Santri, para Asatidz dan umumnya kita semua warga negara Indonesia menjadikan contoh nyata pada peristiwa tersebut. Serta semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT di jaman yang penuh kegundahan ini, dan menjadikan Indonesia menjadi negara yang maju dan bahagia. Aamiin ya rabbal’alamin…

News Feed