by

UAS Pesantren Ar-Risalah

Santri Pondok Pesantren Ar-Risalah, hari ini mulai melaksanakan ujian tahriri / tes tulis. Pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) pesantren dimulai pada hari senin tanggal 2 desember 2019 dan akan berakhir pada hari kamis tanggal 5 desember 2019.

 

Pelaksanaan  UAS Pesantren kali ini dibagi tiga macam ujian. Yaitu, Ujian Praktik Ibadah, Ujian Baca Kitab Kuning, dan Ujian Tulis. Ujian Akhir Semester Pesantren dilaksanakan selama seminggu, dan akan dilanjut di minggu kedua dengan Penilaian Akhir Semeter (PAS) sekolah SMP IT dan SMK IT.

Dalam pelaksanaannya, ujian tahriri (tes tulis) berdurasi 90 menit untuk setiap materi yang diujikan. Ujian dimulai pada pukul 07.40 pagi setelah pelaksanaan shalat dhuha dan berakhir pada pukul 11.30, dengan waktu istirahat 15 menit di jam 09.30.

Penyelenggaraan ujian tahriri / Penilaian Akhir Semester (PAS) / Ulangan Akhir Semester (UAS) di Pesantren Ar-Risalah berlangsung dalam pengawasan yang sangat ketat. Sehingga, menutup kemungkinan bagi seorang santri untuk melakukan kecurangan sekecil apapun saat ujian. Di setiap ruang ujian sebanyak 30 orang santri peserta ujian, ditugaskan dua orang guru sebagai pengawas ujian. dari dimulainya ujian hingga bel pertanda selesainya ujian dibunyikan. Sedemikian ketatnya, hingga santri yang berniat curang sekalipun harus berpikir seribu kali sebelum melaksanakan niatnya. Pasalnya, jika ketahuan, ia akan mendapatkan hukuman berat. Demikianlah, Pesantren Ar-Risalah menanamkan kejujuran kepada seluruh santri-santrinya.

Panitia UAS/PAS dan semua guru pesantren Ar-Risalah berusaha keras menjaga kelancaran jalannya salah satu agenda terbesar di pondok pesantren ini. Tidak ada satu pun yang berpangku tangan, selain menjadi pengawas ujian, mereka juga mengawasi belajar para santri di malam harinya. Di samping itu, situasi dan kondisi di dalam pondok diatur sedemikian rupa agar tercipta semangat belajar yang kondusif untuk menjamin kesuksesan belajar santri.

Dengan diadakannya UAS Pesantren ini diharapkan kedepannya Santri memiliki kemampuan dimasyarakat dan bermanfaat bagi masyarakat. Aamiinn…

 

News Feed